Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, SMP Negeri 1 Penawangan menggelar in house training yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan perangkat ajar dan penyesuaian kurikulum. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 17-119 Juli 2024, dan diikuti oleh seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut. Dengan Pemateri :
- Dr.Wahono,S.Pd.,M.Pd
- Nurmachfudh Zayni, S.Pd
- Lilik Rahmawati, M.Pd.
- Tim Kurikulum SMP Negeri 1 Penawangan
Struktur Kegiatan ’In House Traning Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Perangkat Ajar dan Review Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) Untuk Medukung Implementasi Kurikulum Nasional ’
No | Materi | JP |
UMUM | 2 | |
1. | Kebijakan Dinas Pendidikan | 2 |
POKOK | 20 | |
2. | Asesmen Nasional dan Rapor Pendidikan | 2 |
3 | CP,TP dan ATP Kurikulum Merdeka | 2 |
4. | Penyusunan modul Ajar | 3 |
5. | Assesment Pembelajaran | 3 |
6. | Literasi dan Numerasi | 3 |
7. | Pembelajaran Berdiferensiasi dan KSE | 2 |
8. | Lingkungan Belajar Positif Melalui Budaya Positif | 2 |
9 | Review KSP | 3 |
Total | 22 |
Reaksi dan Umpan Balik
Menurut Kepala SMP Negeri 1 Penawangan, Bapak Nurmachfudzh Zayni, S.Pd., pelatihan ini sangat bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan saat ini. “Dengan pelatihan ini, kami berharap para guru dapat lebih siap dan percaya diri dalam menyusun perangkat ajar serta menyesuaikan kurikulum sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa proses pembelajaran di sekolah kami berjalan dengan efektif,” ujarnya.
Ibu Rina, salah satu peserta pelatihan, menyatakan, “Pelatihan ini memberikan wawasan baru dan teknik yang sangat berguna untuk menyusun RPP dan evaluasi. Saya merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di kelas.”
Dengan langkah ini, SMP Negeri 1 Penawangan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dengan sebaik-baiknya. Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di sekolah tersebut dan bagi siswa yang menjadi penerima manfaat utama.