SMP Negeri 1 Penawangan bukan hanya sekadar lembaga pendidikan, melainkan tempat di mana semangat nasionalisme tumbuh dan berkembang di kalangan siswa. Salah satu upaya yang dijalankan secara rutin untuk memupuk semangat tersebut adalah tradisi mendengarkan lagu kebangsaan, Indonesia Raya, setiap pukul 10.00 pagi. Tradisi ini telah membuktikan diri sebagai cara yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai kebangsaan kepada para pelajar.

Semangat nasionalisme merupakan nilai yang penting untuk ditanamkan sejak dini dalam kehidupan masyarakat. Di lingkungan sekolah, pembentukan karakter dan semangat cinta tanah air dapat diwujudkan melalui berbagai cara. Salah satu tradisi yang banyak diterapkan di sekolah-sekolah Indonesia adalah mendengarkan lagu kebangsaan, Indonesia Raya, setiap pukul 10.00 pagi. Tradisi ini bukan hanya sekadar ritual harian, tetapi juga menjadi momen penting untuk memupuk semangat nasionalisme di kalangan pelajar.

                 Setiap pukul 10.00 pagi, suasana di SMP Negeri 1 Penawangan berubah. Suara riuh rendah bercampur dengan tawa dan canda siswa memudar, digantikan oleh keheningan yang khidmat. Momen ini menandai persiapan untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya, yang diputarkan melalui pengeras suara dengan penuh kebanggaan.

Siswa-siswi SMP Negeri  1 Penawangan menghentikan aktivitas sementara dan berdiri tegap Ketika mendengar lagu Indonesia Raya dikumandangkan

   Tradisi mendengarkan lagu Indonesia Raya bukan sekadar rutinitas, melainkan suatu bentuk upaya nyata dalam menanamkan identitas kebangsaan di hati setiap siswa. Lewat liriknya yang sarat makna, siswa diajak untuk mengenali bahwa mereka adalah bagian dari bangsa Indonesia yang besar dan kaya akan sejarah perjuangan.

 

SMP Negeri 1 Penawangan merayakan keberagaman siswa, dan momen mendengarkan lagu Indonesia Raya adalah saat di mana perbedaan bersatu dalam satu semangat kebangsaan. Tidak peduli latar belakang atau suku, siswa merasakan kebersamaan sebagai satu bangsa Indonesia.

                Mendengarkan lagu kebangsaan setiap hari pada waktu yang sama tidak hanya menciptakan rutinitas, tetapi juga mengokohkan semangat patriotisme di hati siswa. Mereka dibimbing untuk menyadari arti pentingnya mencintai tanah air dan memberikan pengabdian untuk kemajuan negara.

                Guru di SMP Negeri 1 Penawangan memiliki peran penting dalam menjalankan tradisi ini. Mereka tidak hanya memimpin upacara, tetapi juga berperan sebagai pembimbing yang membimbing siswa memahami nilai-nilai kebangsaan dan mendorong mereka untuk menjadikan lagu Indonesia Raya sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

Tradisi mendengarkan lagu Indonesia Raya setiap pukul 10.00 pagi di SMP Negeri 1 Penawangan bukan hanya sekadar simbol kebangsaan, tetapi sebuah komitmen untuk membentuk generasi muda yang mencintai tanah airnya. Dengan memupuk semangat nasionalisme melalui tradisi ini, sekolah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan karakter siswa yang penuh rasa cinta dan bangga menjadi bagian dari Indonesia yang besar.